Syarat Mobil Go Car

1 min read

syarat mobil go car

Go Car merupakan salah satu fitur aplikasi Gojek yang menggunakan mobil sebagai alat transportasinya. Go Car sendiri saat ini menjadi layanan yang selalu digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk bepergian menggunakan mobil tetapi harganya terjangkau, karena itulah banyak orang yang rela melengkapi syarat mobil Go Car demi menjadi driver Go Car.

Gojek merektur calon driver Go Car dengan beberapa persyaratan yang saat ini perlu dipenuhi, karena memang syarat mobil Go Car dilakukan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpang. Nah, lalu apa saja ya kira-kira syarat mobil Go Car 2019 ini? Yuk lihat informasinya disini:

1.  Tahun Kendaraan

Gojek mengeluarkan kebijakan penting bahwa mobil yang digunakan untuk Go Car adalah minimal keluaran 6 tahun terakhir. Dengan kata lain, mobil yang diproduksi pada tahun 2012 sudah tidak bisa didaftarkan lagi, jadi setidaknya kendaraan yang digunakan untuk Go Car adalah keluaran tahun 2013.

2. Kapasitas Mesin

Kapasitas mesin juga menjadi pertimbangan bagi Gojek dalam menerima calon drivernya, karena kapasitas mesin nya minimal harus 1000 CC dan maksimal 2000 CC. Jika kendaraan driver tersebut memiliki kapasitas dibawah itu, sebaiknya dipikirkan ulang deh untuk mendaftar.

3. Bukti Asuransi

Untuk menjaga keamanan penumpang selama perjalanan menggunakan aplikasi go Car, tentu saja perusahaan Gojek mewajibkan kepada para mitra driver nya untuk mengasuransikan mobil yang dimiliki tersebut.

Dengan begitu, mobil akan mendapatkan keringanan perawatan jika terjadi kecelakaan atau hal yang tidak terduga lainnya.

Syarat Lain Terkait Mobil Go Car

Syarat mobil Go Car lainnya ini merupakan syarat yang dikeluarkan oleh kepolisian terkait untuk menjaga keselamatan pengendara.

1. Jenis SIM yang Terdaftar

Meskipun pihak GoJek tidak meminta jenis sim, tetapi kepolisian meminta untuk para driver yang menggunakan mobil sedan menyerahkan SIM A umum dalam mengumpulkan persyaratan. Mereka yang memiliki kendaraan besar dengan lebih dari 7 tempat duduk harus menggunakan SIM B1 Umum.

2. Lulus Uji KIR

Kendaraan yang didaftarkan pada aplikasi Gojek wajib lulus uji KIR, sehingga calon driver juga perlu mengujinya. Tapi tenang saja, karena pengujian tersebut tidak harus berlokasi di kantor kepolisian kok, anda bisa mengujinya di bengkel resmi masing-masing perusahaan yang bisa mengeluarkan surat KIR secara resmi.

3. STNK Perusahaan

Kebijakan terakhir yang harus dipenuhi para calon driver adalah STNK atas nama perusahaan, jadi bagi perusahaan taksi yang tergabung dalam koperasi bisa membaca ulang UU koperasi guna mempelajari detailnya.

Peraturan Hukum yang Mendukung Persyaratan Di Atas

Sebagian dari anda mungkin berpikir, kenapa hanya untuk menjadi driver Gojek saja sangat ribet syaratnya? Padahal syarat mobil Go Car tidak seribet itu, kenapa syarat drivernya justru lebih ribet dari lainnya?

Hal tersebut tidak serta merta menjadi syarat mobil Go Car tanpa adanya hukum yang mendukung ya, karena semuanya ada dasarnya. Dasar hukum dari setiap persyaratan yang diajukan tersebut memang ada dan harus di ikuti.

Misalnya saja larangan menggunakan mobil yang berkapasitas 1300 CC dan lebih diatur dalam peraturan mentri perhubungan No. 32 pada tahun 2016. Tetapi untungnya kebijakan tersebut sudah direvisi sehingga pemilik kendaraan 1000 CC juga bisa mendaftar menjadi driver Gojek.

Bagaimana, apakah anda merasa bisa memenuhi semua syarat mobil go car dan syarat tambahanya? Kalau memang iya, silahkan anda mendaftar sebagai driver Go Car, karena lumayan loh di waktu senggang, anda bisa mencari uang tambahan tentunya, terima kasih.

sarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *