Gaji Gojek

2 min read

gaji grab

Ada banyak orang yang menjadi pengangguran setelah lulus sekolah atau kuliah. Nah untuk menghilangkan rasa stres karena masih tidak menemukan pekerjaan yang sesuai, maka Anda bisa menjalani profesi sebagai ojek online. Salah satu yang kami sarankan adalah melamar di GO-JEK. Sebagai pertimbangan kami akan memberikan ulasan tentang apa itu GO-JEK dan Gaji Gojek yang akan Anda peroleh.

Perlu Anda ketahui Gaji Gojek wajib menjadi pertimbangan, sebab bisa dikatakan kalau GO-JEK adalah pioneer dari populernya transportasi online di Indonesia. Anda dapat melihat dalam waktu lima tahun saja, jumlah mitra pengemudi yang bergabung bersama GO-JEK sudah menyentuh jutaan orang dan tersebar secara mereka di seluruh pelosok Indonesia.

Untuk memberikan pelayanan prima dan tidak ingin tersaingi oleh perusahaan transportasi online serupa, GO-JEK pada akhirnya mengenalkan berbagai layanan tidak hanya transportasi penumpang melalui GO-RIDE dan GO-CAR. Tapi masaih ada beberapa layanan lain, seperti GO-FOOD, GO-SHOP, GO-SEND, GO-MART hingga GO-MED.

Perhitungan Gaji Gojek untuk Setiap Ojol

Seperti yang kami sebutkan GO-JEK memperkenalkan layanan GO-RIDE, GO-FOOD, GO-SHOP, GO-SEND, GO-MART hingga GO-MED. Dan biasanya Gaji Gojek setiap layanan akan berbeda. Lebih lengkapnya Anda simat di bawah ini!

Apabila kita membandingkan antara sistem gaji Gojek 2018 dan 2019 hingga bulan Maret, sebenarnya tak ada perubahan yang cukup berarti. Hal itu di sebabkan pada pertengahan 2018, GO-JEK baru saja melakukan kenaikan tarif perjalanan untuk setiap penumpangnya.

Dalam hal ini ada satu hal yang harus dipahami bagi calon driver adalah GO-JEK tidak memberikan gaji bulanan pada pengemudi mereka. Gaji Gojek akan diperoleh dari tiga hal berikut ini:

  1. Tarif Perjalanan

Tarif perjalanan merupakan sumber utama gaji Gojek untuk pengemudi. Dalam hal ini apapun layanan yang dilakukan oleh seorang driver, pasti akan ada tarif perjalanan dan itu merupakan penghasilan mereka secara purle. Dari pihak GO-JEK sendiri menentukan besaran tarif perjalanan secara sepihak yang berbeda-beda. Simak di bawah ini!

Area Jabodetabek

Untuk cara kerja Gaji Gojek di kawasan ini, perbedaan utamanya adalah pada bagian tarif perjalanan yang dilakukan. Di mana driver Jabodetabek akan memiliki tarif perjalanan paling tinggi di Indonesia jika dibandingkan kota-kota lain. Apa alasannya? Karena pengguna dan driver GO-JEK di Jabodetabek sangat banyak.

Pembagian jam sibuk

GO-JEK secara sepihak menetapkan dua pembagian utama tarif perjalanan yakni pada jam sibuk (Rp 2.500/km) sedangkan di luar jam sibuk (Rp 2.000/km). Jam sibuk merupakan waktu di mana orderan GO-JEK meningkat seperti halnya pagi, jelang makan siang, sore hingga malam Minggu.

  • Poin Layanan

Selain tarif perjalanan, Gaji Gojek sebulan juga diperoleh dari poin layanan. Setiap layanan yang orderannya bisa diselesaikan driver, maka dia akan memperoleh poin tersendiri dan berbeda-beda. Sebagai contohnya untuk GO-RIDE /GO-SEND akan memperoleh 1 poin, kemudian GO-FOOD mendapat 1,5-2 poin. Dalam hal ini perhitungan poin bisa bertambah sesuai dengan kebijakan pada layanan.

Anda tidak boleh meremehkan soal poin karena rupanya bisa ditukarkan menjadi sejumlah uang. Dalam hal ini Anda bisa memperoleh Rp 30.000 untuk 16 poin, Rp 40.000 untuk 20 poin, Rp 50.000 untuk 24 poin dan Rp 70.000 untuk 30 poin. Dalam system Gaji  2019, setiap harinya poin akan direset dan driver biasanya akan ditarget 20 poin per hari.

  • Bonus Harian

Selain poin yang cukup mudah di dapat, cara kerja Gojek dan gajinya juga memberikan penawaran bonus harian untuk setiap driver. Tidak jauh berbeda dengan poin, peluang memperoleh bonus juga bisa didapat jika Anda mengerjakan orderan di luar batas jam kerja biasanya. Misalkan saja Anda melayani GO-RIDE pada jam 23.00 – 05.00, maka Anda akan mendapat tambahan Rp 3.000. Sedangkan bila Anda mengantar barang hingga 20 km pada GO-SEND akan mendapatkan Rp 6.000.

Bagaimana, apakah Anda sudah memahami mengenai perhitungan Gaji Gojek ? Secara umum ini sangat fantastis jika driver pintar dalam memilih waktu. Dengan penghitungan di atas, bisa saja Anda mendapat penghasilan lebih dari 3 juta per bulan.

Sarah Oktafiani

Gaji Grab

Sarah Oktafiani Sarah Oktafiani
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *