Contoh Surat Lamaran Kerja

3 min read

Contoh Surat Lamaran Kerja

Saat ini banyak orang berkata bahwa mencari pekerjaan itu sulit. Memang benar, mencari pekerjaan itu tidak mudah. Padahal sebenarnya, dibalik fakta itu kita perlu mengetahui bahwa banyak perusahaan yang kesulitan pula mencari tenaga kerja berkualitas dan terampil. Lalu jika sudah seperti ini, apa yang sebaiknya kita lakukan sebagai pekerja? Tentu membekali diri dengan berbagai skill yang nantinya dapat diincar oleh perusahaan. Namun Anda juga tidak boleh melupakan keterampilan dalam membuat surat lamaran kerja yang menarik. Banyak mahasiswa maupun pekerja yang masih sering merasa bingung bagaimana menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk perusahaan, terlebih lagi yang mampu memikat perusahaan. Nah, coba simak contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar berikut ini.

Surabaya, 20 Oktober 2018

Kepada Yth. HRD PT Sindikat Kreasi Digital

Jl. Kaliwaron 58 Surabaya 60111

Dengan hormat,

perkenalkan saya Cynthia Cecilia. Berdasarkan informasi lowongan kerja posisi Content Writer di PT Sindikat Kreasi Digtial yang saya dapatkan dari situs Jobhun.id, melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan dengan posisi tersebut di perusahaan Bapak/Ibu.

Saya memiliki passion yang kuat di dalam bidang kepenulisan, terlebih dalam kepenulisan non fiksi. Sebelumnya saya telah memiliki pengalaman menulis di beberapa portal berita yang ada di Indonesia, baik lingkup regional maupun nasional.

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan beberapa dokumen berikut ini:

  1. CV (Curriculum Vitae) atau Daftar Riwayat Hidup;
  2. Pasfoto;
  3. Fotokopi ijazah terakhir;
  4. Fotokopi sertifikat yang relevan;
  5. dan portfolio hasil karya tulisan yang pernah saya buat.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenarnya dan bisa dipertanggungjawabkan. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Cynthia Cecilia

Nah, itu tadi salah satu contoh surat lamaran kerja yang bisa Anda buat. Sebenarnya ada beberapa poin yang harus ada pada surat lamaran kerja. Pertama, tentu format penulisan tanggal dan kepada siapa surat tersebut harus ditujukan harus benar. Kedua, berikan salam pembuka yang menunjukkan rasa hormat dan menghargai kepada orang yang membaca surat tersebut. Setelah itu Anda bisa memperkenalkan diri terlebih dahulu, mungkin bisa disebutkan nama terlebih dahulu.

Pada poin selanjutnya, Anda bisa menjelaskan dari mana Anda mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut. Anda bisa menyebutkan situs, media cetak, radio, media sosial, kerabat Anda, atau apapun dan siapapun yang menjadi penyalur informasi lowongan kerja tersebut. Mengapa hal ini penting? Tentu saja setiap perusahaan ingin mengetahui, dari mana para calon kandidat mengetahui lowongan kerja yang mereka pasang. Jangan lupa sebutkan posisis kerja yang hendak Anda lamar. Selanjutnya Anda bisa menjelaskan mengapa Anda cocok melamar posisi pekerjaan tersebut. Anda bisa menyebutkan apa saja kemampuan dan pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Bisa dibilang pada poin ini Anda bisa mempromosikan diri semaksimal mungkin. Namun ingat, jangan mempromosikan diri secara berlebihan. Tetap harus jujur dan masuk akal, ya!

Setelah itu, Anda perlu mengatakan bahwa ada beberapa lampiran yang Anda kirim bersamaan dengan surat lamaran kerja tersebut, guna menjadi bahan pertimbangan perusahaan dalam memilih Anda. Sebutkan apa saja dokumen yang Anda kirimkan. Dan yang terakhir, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada mereka karena telah membaca surat lamaran kerja Anda. Kemudian tambahkan tanda tangan Anda.

Anda perlu mengetahui bahwa contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar biasanya mengandung beberapa poin di bawah ini:

  1. Menggunakan bahasa yang baik dan benar
  2. Format penulisan surat lamaran kerja tersusun rapi dengan bahasa yang tidak bertele-tele
  3. Surat lamaran kerja hendaknya ditulis secara manual dan memang Anda yang membuatnya, jangan hanya copy paste saja. Namun Anda harus mengedit lagi dan menelitinya.
  4. Lengkapi dengan data-data yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat Anda melamar kerja
  5. Lampirkan surat pendukung lainnya seperti sertifikat pengalaman kerja

Itu tadi beberapa tips agar surat lamaran kerja Anda memiliki nilai jual lebih jika dibandingkan dengan lainnya. Contoh surat lamaran kerja yang baik di atas mengandung beberapa poin penting yang wajib ada, antara lain tempat dan tanggal penulisan, perusahaan yang ditujukan, salam hormat, kata pengantar, biodata pribadi, pengalaman kerja dan skill, dan penutup.

Nah, itu tadi sekilas contoh surat lamaran kerja yang benar dan contoh surat lamaran kerja terbaru yang bisa Anda terapkan saat hendak melamar kerjaan di perusahaan idaman Anda. Saat ini lowongan pekerjaan sebenarnya banyak tersedia, tentunya yang sesuai dengan berbagai bidang juga banyak. Namun ingat, persaingan di luar pun sangat gila. Hal ini tentu membuat persaingan untuk yang melamar kerja sangat ketat. Oleh sebab itu, selain nilai dari ijazah, Anda juga perlu mengasah skill. Bahkan banyak yang bilang bahwa saat ini skill merupakan hal yang paling utama, sedangkan nilai pendidikan sebagai pelengkap saja. Selain itu, Anda juga harus mahir dalam menulis surat lamaran dengan baik dan benar serta melampirkan syarat-syarat yang diminta secara lengkap. Sudah banyak contoh surat lamaran kerja yang menarik yang bisa Anda tiru dan modifikasi.

Perlu diingat bahwa surat lamaran kerja yang menarik tentu akan memberi peluang yang lebih besar. Alasannya karena Anda perlu mencari perhatian para pimpinan perusahaan pencari kerja maupun HRD melalui surat lamaran kerja ini. Tujuannya supaya Anda bisa mengalahkan kandidat lain, sehingga peluang untuk dipanggil sesi wawancara sangatlah besar. Kenapa kok bisa begitu? Karena ada juga perusahaan yang menilai bukan hanya dari skill saja melainkan juga dari sikap (attitude) yang kamu miliki dan bagus tidaknya surat lamaran kerjamu tersebut.

Nah, setelah Anda memahami bagaimana contoh membuat surat lamaran kerja di atas, sebaiknya Anda mulai mempraktekkan juga. Jika bingung bagaimana memulainya, Anda bisa mulai merinci apa saja data-data yang ingin Anda sertakan. Kumpulkan juga semua dokumen pendukung, agar bisa tersimpan dengan rapi dan lengkap. Selain itu, coba baca beberapa referensi contoh surat lamaran kerja yang menarik. Coba bandingkan, kemudian pilih mana surat lamaran kerja yang paling cocok dengan Anda. Tentunya hal ini dapat disesuaikan dengan jenis perusahaan, ya. Anda harus bisa membedakan Bahasa yang akan dikenakan perusahaan satu dengan lainnya. Dan tips terakhir, jangan lupa selalu perhatikan attitude Anda dalam melamar kerja. Tahukah Anda bahwa attitude juga bisa dilihat dari tulisan juga, lho. Sehingga bagaimana Anda menulis surat lamaran kerja juga akan membuat recruiter membaca bagaimana karakter Anda. Selamat menulis surat lamaran kerja dan sukses selalu untuk Anda!

Sarah Oktafiani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *